YONKAV 8/ NARA SINGA WIRATAMA DIVIF 2 KOSTRAD BEKERJASAMA DENGAN PUSKESMAS KEC. BEJI MENGADAKAN PENYULUHAN TENTANG DEMAM BERDARAH DAN KARYA BHAKTI DI DESA BINAAN.

*Beji, Pasuruan* (12/5). Demam berdarah  adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dan ditularkan nyamuk Aedes aegipty dan aedes albopictus dengan gejala utama  adalah demam dan menifestasi perdarahan  pada kulit ataupun pada bagian tubuh lainnya  yang bertendensi menimbulkan renjatan  dan dapat berlanjut dengan kematian.Penyakit DBD belum ada obatnya. Pertolongan utama yang dapat dilakukan adalah memeberi minum sebanyak mungkin atau memberikan infus, dapat juga di berikan obat penurun panas dan atau kompres dingin.

Mengingat bahayanya penyakit DBD, maka Dinas Kesehatan Pasuruhan yang diwakili oleh Puskesmas Kec. Beji berkerjasama dengan Yonkav 8/2 Kostrad untuk memberikan penyuluhan di sekolahan dan pengecekan serta sosialisasi langsung ke rumah warga. Dilanjutkan pembersihan lingkungan sekitar.

Adapun isi dari penyuluhan tersebut adalah cara yang paling tepat untuk memberntas nyamuk aedes aegepty adalah memberantas jentik nyamuk dan membersihkan tempat berkembang biaknya atau pemberantasan sarang nyamuk dengan cara :

  1. Memelihara lingkungan agar tetap bersih  dan cukup sinar matahari
  2. Menguras tempat penampungan air/bak mandi setiap 1 minggu
  3. Mengubur kaleng – kaleng bekas
  4. Menutup rapat – rapat tempat penampungan air.
  5. Membersihkan selokan agar dapat mengalir dengan lancar.
  6. Tidak membiarkan baju – baju tergantung dan memasang kelambu
  7. Pemberian bubuk abate pada tempat – tempat penampungan air yang sulit dikuras.

 

Kegiatan karya bakti sendiri diadakan untuk mendukung kegiatan penyuluhan tersebut. Diantaranya kebersihan lingkungan dan  selokan, pada umumnya selokan banyak air yg tergenang atau tidak lancar alirannya, hal tersebut dapat menyebabkan berkembang biaknya nyamuk. Kegiatan ini dilaksankan dengan tujuan memberi contoh kepedulian kebersihan lingkungan yang akan berefek dengan kesehatan kita sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *