DANYONKAV 8/NSW/2 KOSTRAD SAMBUT HANGAT KUNJUNGAN DELEGASI SAF (SINGAPORE ARMED FORCES)

Hubungan dan kerjasama antara Tentara Singapura dengan TNI AD khususnya, telah terjalin dalam waktu yang cukup lama. Hubungan yang cukup harmonis tersebut diwujudkan dalam berbagai program antara lain mengadakan latihan bersama antara Tentara Singapura dengan TNI AD. Hal tersebut disampaikan oleh Danyonkav 8/NSW/2 Kostrad Mayor Kav Yudha Setiawan,S.E., saat menerima kunjungan Perwira Senior SAF 48th Armor Battalion Major Goh Yan Xun beserta rombongan ke Yonkav 8/NSW/2 Kostrad Pasuruan Senin, (25 /06).

Dalam sambutannya, Danyonkav 8/NSW/2 Kostrad mengatakan bahwa adanya program kerja sama bilateral luar negeri seperti yang dilakukan antara Singapura dengan TNI AD, ada banyak manfaat yang dapat diambil antara lain sebagai forum silaturahmi untuk menjalin dan meningkatkan hubungan personal dan institusi militer kedua negara. “Kunjungan delegasi SAF dapat saling memberikan informasi tentang lingkup struktur dan tugas-tugas serta bertukar pandangan tentang kemungkinan peningkatan kerja sama Angkatan Bersenjata kedua negara” imbuhnya.

Lebih lanjut, Danyonkav 8/NSW/2 Kostrad Mayor Kav Yudha Setiawan,S.E., memaparkan, kemajuan perkembangan hubungan kerja sama dibidang pertahanan dan militer kedua negara yang sangat signifikan yaitu adanya forum latihan bersama SAFKAR INDOPURA Joint Exercise yang membahas program-program bidang pendidikan/latihan yang diadakan rutin setiap satu tahun sekali baik di Indonesia maupun di Singapura. “Kunjungan delegasi SAF ke Yonkav 8/NSW/2 Kostrad ini merupakan suatu kehormatan bagi TNI, mengingat hal ini merupakan salah satu momen bersejarah bagi upaya peningkatan kerja sama militer kedua negara.” Ungkapnya.

Sementara itu, Major Goh Yan Xun, menyampaikan bahwa tujuan dari kunjungan delegasi SAF ke Yonkav 8/NSW/2 Kostrad adalah untuk memahami dan bertukar pikiran tentang cara mengoperasionalkan ranpur serta mengadakan diskusi singkat tentang keterlibatan 48th SAF Armor Battalion dalam pelaksanaan latma SAFKAR INDOPURA di Indonesia maupun di Singapura, “Kami melakukan Transfer Of Technology and Tactical Procedure dalam lingkup profesional dalam setingkat Brigade di kedua Negara”, kata Major Goh Yan Xun.

Major Goh Yan Xun beserta rombongan selama di Yonkav 8/NSW/2 Kostrad melihat secara langsung peninjauan latihan menembak Senapan Pindad SS2-V4 dan Pistol Pindad G2 Combat yang dimana delegasi SAF ikut serta dalam latihan menembak bersama dengan anggota Yonkav 8/NSW/2 Kostrad. Kemudian dilanjutkan dengan  menyaksikan bersama demonstrasi beladiri Yongmoodo dan atraksi beladiri Pencak Silat PSHT.

Menjelang akhir dimana segala kegiatan pengenalan satuan telah dilaksanakan di lingkungan Yonkav 8/NSW/2 Kostrad kepada delegasi SAF, rombongan menikmati indahnya pesona wisata budaya yang kita arahkan ke Museum Trowulan, Mojokerto dimana merupakan situs budaya bersejarah yang merupakan kebanggaan kerajaan Majapahit yang terkenal di Indonesia sejak dulu kala. “ada banyak sekali wisata budaya di Indonesia. Dan saya kagum ternyata Indonesia masih menjaga peninggalan situs bersejarah ini dengan baik dan tertata. Bangsa yang besar, adalah bangsa yang menghargai sejarah negaranya. Hebat dan salut.”, ujar Capt Anna Soo Jing Mei dari delegasi SAF.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *