GELORA SEMANGAT WARGA YONKAV 8 DALAM MEMPERINGATI HUT KAVALERI AD KE-68

Beji, Pasuruan (09/02). Korps Kavaleri identik dengan pasukan berkuda, karena kavaleri menggunakan kuda sebagai kendaraan dimedan pertempuran. Seiring dengan berkembangnya jaman, kavaleri telah merubah kendaraan tempur mereka dengan kendaraan tempur lapis baja yaitu tank dan panser. Corps kavaleri atau sering disebut corps baret hitam resmi dibentuk pada tanggal 9 Februari 1950 oleh Kepala Staf Angkatan Darat pada saat itu. Oleh karena itu, pada tanggal 9 Februari 1950 ditetapkan sebagai hari jadi Kavaleri Angkatan Darat.


Batalyon Kavaleri 8 yang merupakan bagian dari satuan Kavaleri jajaran AD turut memperingati hari jadinya yang ke-68. Acara yang muncul dari inisiatif Komandan Batalyon Kavaleri 8, Mayor Kav Yudha Setiawan ini melibatkan seluruh warga Yonkav 8. Tujuan acara kali ini yakni, selain mesyukuri hari jadi Kavaleri yang ke-68 juga sebagai bentuk kegiatan yang menumbuhkan rasa kekompakan sebagai keluarga besar Yonkav 8 NSW. Pada acara kali ini ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan, Mulai dari pertandingan antar kompi, yasinan bersama anak yatim, gerak jalan santai  Prajurit dan keluarganya, dan ditutup dengan kegiatan makan bersama seluruh warga Yonkav 8 yang dipimpin langsung oleh Danyonkav 8.

Hari H acara diawali dengan kegiatan Jalan santai oleh seluruh warga Yonkav 8. Kegiatan jalan santai yang dipimpin langsung oleh Danyonkav 8 ini melewati rute desa disekitar Yonkav dengan jarak sejauh 4 km. Dalam jalan santai ini pula kita bisa menyapa masyarakat sekitar satuan sambil berbagi kegembiraan. Semangat dan tawa para warga Yonkav 8 ditambah dengan senyum ceria dari putra maupun putri anggota yonkav 8 menambah kemeriahan dari acara ini. Kesibukan para anggota yonkav 8 yang terkadang sulit untuk menyempatkan waktu untuk keluarga rasanya terbayar pada acara kali ini. Kegiatan jalan santai berakhir didepan markas batalyon. Setelah tiba seluruhnya, kegiatan dilanjutkan dengan menari maumere bersama seluruh warga yonkav 8. Keceriaan kembali pecah ketika seluruh warga bersama-sama menari maumere dengan iringan musik lantaran banyak para anggota yang tidak hafal gerakan dan malah mengacaukan gerakan membuat suasana semakin cair dan penuh tawa. Kegiatan dilanjutkan dengan makan bersama prajurit, keluarga dan Danyonkav 8. Sebelum makan dimulai tidak lupa kita memanjatkan doa untuk peringatan hari jadi Kavaleri ke-68. Bentuk kegiatan makan bersama kali ini beda dari dari biasanya,  yaitu dengan dialaskan daun pisang panjang kemudian nasi berserta lauk diletakkan diatasnya. Pada kegiatan makan bersama, begitu terasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan dari seluruh warga yonkav 8. Tidak memandang pangkat, suku, agama, ras, golongan maupun yang lainnya, makan bersama sama seperti itu mencerminkan sifat kekompakan keluarga besar yonkav 8.

Pada acara kali ini, terlihat begitu antusias serta gelora semangat warga Yonkav 8. Acara yang begitu sederhana, tetapi memiliki esensi yang tinggi. “jarang-jarang bisa kumpul bareng keluarga nih, apalagi sampai jalan bareng-bareng, eh dapet sarapan gratis pula, lengkap rasanya … terimakasih Komandan !!!! “ ucap Kopral Hadi Purwanto. Dari acara kali ini, kita sebagai prajurit diajarkan bahwa untuk mendapatkan kebahagiaan tidak perlu dengan sesuatu yang mewah, kebersamaan dengan orang yang kita cintai itu sudah lebih dari cukup untuk mendapatkan kebahagiaan yang hakiki. Tidak lupa kami mengucapkan Dirgahayu Kavaleri AD ke-68, dengan semangat Tri Daya Cakti kita ciptakan prajurit kavaleri yang modern, militan, dan dicintai rakyat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *