Kompi Tank 83 / Rajawali

 Kapten Kav Nasrokin

KOMPI TANK 83 “RAJAWALI”

        Kompi Tank 83 adalah sebuah pasukan yang berada di bawah naungan panji Batalyon Kavaleri 8 /Tank yang berdiri sebagai bagian yang utama dalam Batalyon Kavaleri 8/Tank. Tugas pokok Kompi Tank 83 yaitu mendukung tugas-tugas yang diemban Batalyon Kavaleri 8/Tank dalam mengamankan dan menjaga keutuhan wilayah NKRI dari segala ancaman baik dari dalam maupun dari luar negeri.

         Dengan kekuatan alutsista kendaraan berlapis bajanya Yonkav 8 menjadi pasukan maneuver yang terpercaya di jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad. Dalam menjalankan kegiatan kesehariannya anggota Kompi Tank 83 dituntut untuk terus dapat meningkatkan profesionalismenya sehingga tugas yang dipercayakan akan dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan program yang direncanakan oleh satuan atas. Suasana yang kompak dan kekeluargaan serta soliditas yang tinggi tercermin dari kehidupan keseharian dari prajurit Kompi Tank 83. Loyalitas dan dedikasi yang tinggi telah tertanam dalam diri anggota Kompi Tank 83 selain itu disiplin yang tinggi dan rasa tanggung jawab yang telah menjadi pedoman akan dapat mewujudkan pencapaian prestasi dan usaha yang maksimal dalam melaksanakan segala macam tugas yang diembannya, sehingga dapat mengharumkan bukan hanya kompi bahkan nama satuan Yonkav  8/Tank.

        Struktur organisasi Kompi Tank 83 terdiri dari 3 peleton dan 1 komando kompi dan didukung dengan 9 ranpur Scorpion dan 4 Stormer. Tiap-tiap peleton berjumlah 19 orang dan komando kompi berjumlah 22 orang , sehingga jumlah keseluruhan 79 orang. Kondisi dari personel yang paling memenuhi standard dan ranpur paling prima membuat kompi tank 83 dipercaya untuk mengemban tugas sebagai PPRC TNI mewakili Divif 2 Kostrad. Tugas sebagai PPRC TNI yaitu menangkal kekuatan ancaman bersenjata baik dari dalam maupun dari luar negeri serta kekuatan separatis yang adadi pelosok tanah air dan mampu dengan cepat digerakkan keseluruh penjuru tanah air dalam menangkal ancaman yang merongrong keutuhan NKRI. Dari sejak pertama terbentuk PPRC TNI, Kompi Tank 83 selalu dipercaya untuk menjadi salah satu bagian di dalamnya Sebagai kompi yang terkenal paling kompak dan professional, tak jarang lahir anggota-anggota yang berprestasi dalam melaksanakan pendidikan maupun tugas operasi. Keberhasilan ini tidak semata-mata kebanggaan perorangan namun telah mengangkat nama kompi yang telah membinanya dan mendidiknya.Komitmen dan kepercayaan yang diberikan kepada seluruh anggota telah dibayar dengan menunjukan prestasiyang membanggakan.

  Lambang dan warna kebanggan Kompi Tank 83 yaitu lambang Rajawali dan warna biru. Lambang Rajawali menggambarkan bahwa Kompi Tank 83 dapat bergerak secepat burung rajawali dalam melaksankan tugasnya dan warna biru yang membawa nuansa ketenangan dan kekompakan. Selain itu semboyan yang dimiliki Kompi Rajawali yaitu Swift and Deadly yang berarti cepat dan mematikan. Cepat berarti mampu bergerak secepat Rajawali, mematikan berarti mampu menghancurkan musuh dalam sekali serangan. Oleh karena itu pertimbangan pemilihan lambang dan semboyan sangatlah tepat untuk Kompi Tank 83.

         Kompi Tank 83 sejauh ini secara umum mampu melaksanakan tugas yang diemban baik sebagai bagian dari Batalyon Kavaleri 8/Tank serta sebagai pasukan PPRC TNI. Segala macam latihan telah diikuti dari latihan tingkat peleton maupun skala Latgab TNI. Demikian sekilas tentang Kompi Tank 83 yang selalu siap sedia dan cepat dalam melaksanakan tugas yang diemban dalam mendukung tugas pokok dari BatalyonKavaleri 8/ Tank dan Divisi Infanteri 2 Kostrad dalam menjaga dan mengamankan keutuhan NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *