Pembangunan Pangkalan Tank Leopard Di Yonkav 8/Tank

Pasuruan – Sebagai salah satu satuan yang berada di bawah komando Divisi Infanteri 2 Kostrad, Batalyon Kavaleri 8/Tank merupakan salah satu satuan banpur yang menjadi pemukul di jajaran kostrad pada khususnya dan di jajaran TNI AD pada umumnya.

Saat ini batalyon Kavaleri 8/Tank diperkuat oleh alutsista kendaraan tempur Scorpion dan Stormer. Berdasarkan pertimbangan dan keputusan dari Kepala Staf Angkatan Darat dan dengan persetujuan dari pemerintah RI, maka Pemerintah RI melalui Angkatan Darat akan mendatangkan kendaraan tempur baru jenis MBT dari Jerman yaitu Leopard dan Batalyon Kavaleri 8/Tank merupakan Satuan Kavaleri yang mendapat kehormatan dan kepercayaan untuk menerima dan mengoperasikan Leopard ini dengan kekuatan 1 Batalyon lengkap.

Leopard direncanakan akan masuk ke Indonesia secara bertahap dan kedatangan pertama akan langsung masuk ke Batalyon Kavaleri 8/Tank sebelum bulan Oktober 2012. Dengan adanya rencana kedatangan Leopard, saat ini Batalyon Kavaleri 8/Tank sedang berbenah dan mempersiapkan diri menerima Leopard tersebut. Disamping penyiapan personil, wujud nyata dari persiapan tersebut adalah mulai dibangunnya garasi untuk Leopard di dalam satuan Batalyon Kavaleri 8/Tank.

Garasi Tank Leopard sedang dipersiapkan dan direncanakan akan selesai sebelum Leopard datang ke Indonesia tepatnya sebelum bulan Oktober nanti. Diharapkan dengan adanya Leopard yang akan masuk ke negara kita, dapat meningkatkan kekuatan pertahanan negara dan keutuhan wilayah NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *