Persembahan Kepedulian Prajurit Yonkav 8 / NSW Terhadap Lingkungan

Bangil, Pasuruan (26/04). Kebersihan merupakan suatu dambaan setiap individu pada umumnya, namun bukan hal yang mudah untuk melakukan dan menciptakannya. Perlu adanya kepedulian dari diri pribadi untuk menjaga maupun merawat suatu tempat agar tetap memiliki nilai kebersihan.

Pada pagi hari ini sebanyak 15 prajurit dari satuan Yonkav 8 / NSW sudah berbaris rapi di TMP Bangil. Para prajurit Yonkav 8 / NSW akan melaksanakan kegiatan pembersihan di tempat tersebut. Kegiatan ini sangat bernilai positif, karena seperti yang kita ketahui Taman Makam Pahlawan ( TMP ) merupakan salah satu tempat yang memiliki nilai sosial serta sejarah yang tinggi. Kewajiban dalam menjaga tempat atau objek penting seperti itu, sebenarnya bukan menjadi tanggung jawab Prajurit Yonkav 8 / NSW pribadi. Akan tetapi menjadi tanggung jawab seluruh warga Bangil dalam menjaga kelestarian kebersihan lingkungan.

Kegiatan menjaga kebersihan lingkungan di daerah pasuruan oleh Prajurit Yonkav 8 / NSW sudah menjadi agenda rutin yang dilakukan. Kegiatan ini bertujuan untuk tetap menjalin hubungan yang baik antara TNI dengan warga masyarakat. Selain itu juga untuk tetap merangkul warga sekitar daerah Pasuruan untuk tetap menjaga keharmonisasian yang sudah terbentuk antara aparat negara dengan warga. Kepercayaan warga pasuruan terhadap aparat negara seperti TNI itulah yang mendasari banyaknya program rutin yang di selenggarakan dan melibatkan unsur masyarakat, seperti pembersihan maupun kerja bakti yang sering dilakukan.

Pembersihan TMP Bangil juga melibatkan beberapa warga sekitar yang ikut membantu dalam jalannya kegiatan tersebut. Mereka sadar bahwa apa yang telah dilakukan para pahlawan terdahulu amatlah besar jasanya yang kita rasakan pada saat ini. Dalam waktu yang relatif singkat, TMP sudah menjadi bersih. Kesan pemakaman yang ada di benak kita akan hilang ketika kita melihat hasil kerja yang dilakukan Prajurit Yonkav 8 / NSW serta bantuan dari warga sekitar.

“Seneng Pak kalo kerja bareng-bareng Bapak baju loreng. Kerjanya cepat, jadi cepat selesai” ucap salah seorang warga yang sedang bersenda gurau dengan salah satu prajurit. Hal seperti ini membawa pengaruh yang baik dalam citra TNI di mata masyarakat. Kegiatan seperti ini pun mendapat dukung penuh dari Komandan Batalyon Kavaleri 8 / Narasinga Wiratama. Hendaknya kegiatan baik seperti ini yang sudah menjadi trend positif tetap dilanjutkan dan ditingkatkan untuk kedepannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *