Tugas Pokok

     Batalyon Kavaleri 8/Tank bertugas pokok melaksanakan pertempuran darat yang bersifat offensive guna mendekati dan menghancurkan musuh dengan menggunakan daya gerak, daya tembak, dan daya kejut serta lindung lapis baja dengan titik berat pada operasi serangan dan pertahanan, serta melaksanakan tugas lain yang ditentukan oleh Panglima Divisi 2 Kostrad / Pangdam.

VISI & MISI PEMBINAAN SATUAN YONKAV 8/2 KOSTRAD

      Batalyon Kavaleri 8/2 Kostrad merupakan salah satu satuan yang dalam pelaksanaan tugas dan pembinaan satuan langsung dibawah Divif 2 Kostrad sedangkan pelaksanaan pembinaan teknis kecabangan dibawah Pussenkav Kodiklat TNI AD. Pembinaan satuan pada dasarnya bertujuan untuk menyiapkan dan meningkatkan kemampuan satuan guna melaksanakan tugas pokok dan tugas lainnya melalui pembinaan di bidang organisasi, personel, materiil, peranti lunak, latihan dan pangkalan yang didukung oleh anggaran yang memadai. Komandan Satuan (Dansat) dalam hal ini Danyonkav 8/2 Kostrad memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan pembinaan satuan sebagai pemegang kendali arah dan kebijakan di satuan. Oleh karena itu seorang Dansat harus memiliki kemampuan manajemen yang baik, berdaya cipta tinggi, dan inovatif untuk menghadapi berbagai keterbatasan yang dimiliki oleh satuan. Pembinaan satuan di Yonkav 8/2 Kostrad telah diselenggarakan secara berkelanjutan, dilaksanakan berdasarkan hasil analisa dan evaluasi secara berkesinambungan agar mencapai tujuan pembinaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Danyonkav 8/2 Kostrad saat ini dijabat oleh Mayor Kav Hermawan Weharima, S.H, lulusan Akmil tahun 2000.

    Visi dan misi Danyonkav 8/2 Kostrad sebagai pemimpin organisasi  sangat berpengaruh terhadap proses perencanaan kebijakan strategis guna mencapai suatu tujuan organisasi. Visi dan misi tersebut dibuat oleh Danyonkav 8/2 Kostrad dengan mempertimbangkan segala aspek pembinaan satuan dihadapkan dengan peluang, kendala, kelemahan dan kekuatan satuan. Visi misi tersebut selanjutnya digunakan dalam menentukan capaian kinerja satuan dan nilai-nilai yang nantinya akan dijalankan dalam mencapai tujuan organisasi. Langkah-langkah yang diambil dalam pencapaian visi dituangkan kedalam berbagai misi yang kongkrit, aplikatif dan fleksibel.

        Adapun visi Danyonkav 8/2 Kostrad adalah membentuk “Batalyon Kavaleri 8/2 Kostrad yang beradab, solid, professional, tangguh, mencintai dan dicintai rakyat “. Visi tersebut tentunya merujuk pada visi TNI AD dan Kostrad sebagai satuan induk serta mengacu pada Tupok satuan. Penjabaran visi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Beradab. Mewujudkan prajurit Yonkav 8/2 Kostrad yang memiliki sikap hidup, keputusan dan tindakan yang selalu dilandasi oleh nilai-nilai luhur budaya, terutama norma sosial dan kesusilaan/moral.         
  2. Solid. Mewujudkan prajurit Yonkav 8/2 Kostrad yang memiliki semangat bersatu, merekat kuat dan kompak serta memiliki nilai kejuangan dan pengabdian yang tulus kepada bangsa dan negara.
  3. Profesional. Mewujudkan prajurit Yonkav 8/2 Kostrad yang senantiasa mahir dan menguasai bidang jabatannya masing-masing, mahir bertempur (menggunakan peralatan dan alat tempur militer, taktik dan teknik militer) mampu melaksanakan tugas secara terukur dan dapat dipertanggungjawabkan.
  4. Tangguh. Mewujudkan prajurit Yonkav 8/2 Kostrad yang kuat, kokoh, tahan banting, bertekad untuk selalu berdiri tegak, gigih dan pantang menyerah dalam setiap melaksanakan tugas yang diembannya.
  5. Mencintai dan dicintai rakyat. Mewujudkan satuan Yonkav 8 /2 Kostrad yang menyatu/manunggal dengan rakyat, dibutuhkan rakyat, mencintai dan dicintai rakyat dengan berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

      Dalam rangka mewujudkan visi tersebut, dengan mencermati adanya kelemahan dan kekurangan yang ada saat ini maka perlu penjabaran yang dituangkan dalam bentuk misi sehingga tujuan dari sistem pembinaan satuan yang dilakukan dapat sejalan dengan kebijakan komando atas. Adapun misi yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut :

  1. Mewujudkan prajurit yang senantiasa bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, memiliki keunggulan moral dan moril serta berakhlak mulia.
  2. Memelihara dan melestarikan tradisi satuan sebagai sarana untuk meningkatkan kebanggaan korps dan satuan.
  3. Meningkatkan kesejahteraan prajurit secara fisik maupun non fisik agar tercipta suasana kerja yang nyaman, aman dan tenteram.
  4. Mewujudkan rasa kepedulian yang mendalam dalam bentuk empati antar sesama prajurit dengan meningkatkan semangat kepedulian, kekompakan, dan kekeluargaan.
  5. Menumbuhkan sikap saling menerima satu sama lain baik itu kelebihan maupun kekurangan, saling percaya, dan interaksi yang berkualitas sehingga akan mendukung terciptanya suasana yang kondusif untuk memunculkan rasa kesolidan yang tinggi.
  6. Memelihara dan meningkatkan kemampuan dan keterampilan prajurit dengan melaksanakan pola pembinaan latihan yang terprogram, terukur dan proporsional serta berorientasi kepada sasaran yang ingin dicapai.
  7. Memelihara dan meningkatkan kualitas SDM (Prajurit) dengan melaksanakan pendidikan sesuai jabatannya masing-masing baik secara formal maupun non formal.
  8. Memperkokoh jati diri prajurit Yonkav 8/NSW Divif 2 Kostrad sebagai prajurit pejuang yang memiliki keunggulan moral, jiwa pantang menyerah dengan berlandaskan Sapta Marga dan Sumpah Prajurit melalui program pembinaan mental yang menyentuh langsung pada kehidupan prajurit.
  9. Mewujudkan suasana kehidupan yang harmonis dengan masyarakat disekitar satuan sehingga timbul rasa saling membutuhkan antara rakyat dan satuan.
  10. 10. Membangun kesadaran prajurit dan masyarakat bahwa prajurit berasal dari rakyat dan bersama-sama rakyat memegang peranan penting dalam sistem pertahanan dan keamanan negara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *